Bromance

Tahun lalu saya dapat kosakata baru bromance, yang menurut saya sepertinya kosakata ini memang perlu keberadaanya sebagai eksplanasi fenomena yang selama ini memang terjadi di kehidupan sosial kita khususnya dunia lelaki. Waktu nemu istilah bromance saya  jadi ingat lagi kalau saya pernah menyaksikan adegan-adegan dalam kehidupan ini yang bisa dijelaskan dengan sepenggal kata itu.

Bromance, aslinya istilah ini gabungan dari dua suku kata dalam bahasa Inggris, brother (saudara laki-laki) and romance (romantik). Kalo menurut urbandictionarydotcom bromance itu, the complicated love and affection shared by two straight males. Hahah,  kalo dilihat dari salah satu definisi ini kayaknya gak ada bedanya sama homo-homoan deh (sebutan lain dari bromance ya homosocial juga ternyata), tapi sebenarnya love di sini tuh gak kayak kasing sayang  between two gays lah, karna hubungannya gak sampai kehubungan seksual.

Sederhananya sih bromance itu hubungan yang intim antara dua orang lelaki, kayak pacaran, padahal ini hanya hubungan pertemanan yang erat. Bromance timbul dari hubungan pertemanan yang panjang yang  menjadikan semakin intensnya interaksi, sering cerita bareng (curhat2an, atau bahkan gossip sesama pria), hangout bareng, tidur bareng (no homo please), dst.  Jadi seiring waktu berjalan antara dua batangan ini terjadi kedekatan yang intim.

Sekolah lebih-lebih yang berasrama atau kampus (masa kuliah)  biasanya menjadi ladang bersemainya bibit-bibit bromance ini. Di asrama dengan aktivitasnya yang selalu bersama-sama ya ujung-ujungnya pertemanan antar sesama jenis itu jadi semakin dekat. Begitu juga di kampus, masa-masa eksplorasi ini tentu butuh bromance yang bisa diajak gila bareng, hahaha. Namun seiring waktu katanya sih, setelah lulus dari asrama atau kampus dan sudah menjalani kehidupan masing-masing kedekatan intim tidak akan seperti dulu lagi, tapi sekali teman tetap teman, kan ?

Hubungan bromance ini pada umumnya memang tidak melibatkan wanita. Pria yang ada dalam hubungan ini bisa saja lebih memilih untuk menghabiskan waktunya bermain, jalan, dll dengan sang bromance ketimbang jalan dengan teman wanitanya. Ya, mungkin karna sama-sama pria, tentu pria punya selera (iklan) nya sendiri yang bisa dibagi/dilakukan bersama-sama.

Kalau mau dibandingkan sebenarnya di dunia wanita memang ada close frienship yang close banget kayak bromance ini. Peluk-pelukan, cipika-cipiki, dst antara sesama teman wanita memang sudah dianggap biasa saja, bagi mereka. Tapi, untuk kasus pria kan beda lagi, apalagi dengan pandangan masyarakat kita kalau pria itu mesti maskulin, ditambah sikap konservatif dalam memandang homoseksualitas. Orang timur kan agak kurang senang tuh mengumbar kemesraan, lebih-lebih kemesraan antara sesama jenis in public area lagi, hahaha.

Begitulah tulisan iseng ini, kalo pengen kepoin tentang bromance lebih dalam lagi ya silahkan googling lagi saja. Banyak juga video2 yang bikin ngakak di youtube tentang bromance ini, selamat berselancar.

Iklan

Satu pemikiran pada “Bromance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s