Penting! Start your startup dari sekarang

artikel di idbloginfo 

Mark Z, Steve Jobs, Bill Gates merupakan segelintir tokoh-tokoh utama yang sangat terkenal dalam dunia Startup. Mark mungkin pernah dinobatkan oleh majalah forbes sebagai the youngest billionaires sehingga beliau dapat dijadikan role model seorang anak muda yang berbisnis.

Padahal, jika melihat kebelakang, Bill Gates dan Steve Jobs juga memulai startups mereka masing-masing sejak masih sangat-sangat muda (dengan kedua cofunder mereka) pada tahun 1975 dalam usia 20an tahun. Yah, jika anda ingin duduk dibawah pohon rindang saat punya cucu nanti, tentu akan lebih tepat jika mulai menanam bibit pohon itu sejak umur belasan tahun.

Menurut professor Shawn Osborne dari Harvard University yang penting untuk ditumbuhkan pada anak muda melalui pendidikan entrepreneurship adalah mind-set entreprenur. Mereka akan mulai berpikir dan bertindak seperti seorang entreprenur dalam semua aspek kehidupannya.

Mereka akan dapat berkomunikasi lebih baik, bangkit dari kegagalan dan mencoba lagi, menjadi lebih flexibel dan mudah beradaptasi, risk taker, dan tentu saja seorang yang pencari peluang yang jeli dan problem solvers. Pendidikan dapat berasal dari bangku kuliah/sekolah maupun dari praktek bisnis dilapangan, atau lebih tepatnya gabungan keduanya.

Tipe anak muda yang berapi-api pada dasarnya memang bagus sebagai pemompa semangat untuk mencapai cita-cita idealis masa muda yang begitu tinggingya. Gantungkanlah mimpimu setinggi langit, bermimpilah menjadi salah satu dalam list forbes billionaires. Tapi, antusiasme berlebihan juga akan sangat rapuh jika tidak dibarengi dengan sense of reality, mengetahui realitas-realitas yang terjadi di lapangan.  Well, berbisnis atau memulai bisnis itu tidak gampang.

Bagaimanapun Microsoft harus berawal dari sebuah garasi mobil yang sempit dan sederhana sebelum menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang ini. Bahkan, steve jobs harus didepak dari perusahaan yang dia bangun sendiri, Apple.

Butuh banyak pengorbanan yang berarti, kita juga harus melalui tahapan demi tahapanya dengan antusiasme. Apalagi anak muda yang masih punya kecenderungan untuk having fun dengan masa mudanya. Mungkin akan banyak godaan jika melihat kawan-kawan sejawat yang masih mencari kesenangan-kesenangan sesaat. Belum lagi rasa tidak pede atau malu jika dilihat orang lain berbisnis kecil-kecilan.

Menyicil kesuksesan masa depan dengan memulai sesuatu dari sekarang tentu akan menjadi pilihan yang menarik, sebenarnya. Tidak perlulah menjauhi diri dari kesenangan-kesenangan seperti ber dota ria (dan game-game sejenisnya), hangout bareng teman, dst. Harusnya yang kita lakukan adalah membagi waktu antara keduanya.

Mayoritas dari kita pada dasarnya masih berada dalam tanggungan orangtua, dari segi finansial. Hal ini seharusnya membuat kita tidak perlu terlalu risau jika harus membangun bisnis dari awal dengan modal kecil-kecilan. Uang tabungan untuk membeli ‘mainan’ dan sejenisnya atau pinjaman dari orangtua akan menjadi opsi yang bagus untuk memulainya bukan. Jika gagal, datanglah ke orangtua dan minta lagi, hahaha. Atau mulailah berhemat dan menyisihkan uang jajan untuk bisnis kecil-kecilanmu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s