HDI Indonesia, Pembangunan Saat Ini dan Masa Depan

Menurut laporan United Nations Development Programme (UNDP) Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index/HDI) Indonesia pada tahun 2014 sebesar 0,684 atau berada pada peringkat 110 dari 188 negara di dunia.

Index pembangunan manusia terdiri dari tiga faktor utama yaitu indeks harapan hidup, index pendidikan dan index pendapatan rata-rata masyarakat dalam suatu negara dengan rentang skor akhir berada diantara 0-1. Angka 0 berarti sangat rendah dan 1 berarti sangat tinggi. Index ini dijadikan acuan terhadap kesejahteraan dan pembangunan ekonomi dalam suatu negara.

Merujuk pada data HDI yang dikeluarkan UNDP tersebut, Indonesia telah berada di atas rata-rata negara kategori HDI medium (0,630). Tetapi, masih di bawah rata-rata negara Asia Timur dan Pasifik (0,710), seperti China (0,727).

Selama tiga tahun berturut-turut ternyata tidak terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam HDI Indonesia. Dari tahun 2012 sebesar 0,678, hanya meningkat  3 poin dari tahun 2012 ke 2013 (0,681), dan berikutnya pada 2014 hanya meningkat 3 poin lagi (0,684).

Peningkatan yang tidak signifikan tersebut meskipun tidak memuaskan bukanlah negasi dari pertumbuhan ekonomi dan berbagai perbaikan yang sedang berlangsung dalam hal kesejahteraan di Indonesia. Karena HDI merupakan cerminan pembangunan jangka panjang, sehingga efek dari berbagai upaya pemerintah saat ini akan terasa dalam jangka panjang.

Kebijakan jaminan kesehatan (BPJS) atau pembangunan rumah sakit baru tidak akan langsung meningkatkan angka harapan hidup masyarakat pada tahun itu juga. Sebaliknya, hal ini mengindikasikan bahwa pada periode-periode sebelumnya, saat jaminan kesehatan masih belum seperti sekarang dan manajemennya masih lebih kacau balau serta rumah sakit masih jarang, pembangunan yang dilakukan tidak begitu signifikan.

 

Silahkan cek langsung :

http://hdr.undp.org/sites/all/themes/hdr_theme/country-notes/IDN.pdf

http://www.id.undp.org/content/indonesia/en/home/countryinfo/

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s