Tulisan dan Pembacanya

Hubungan yang kompleks dapat terjadi baik antara penulis dan tulisanya juga antara pembaca dan tulisan yang dibacanya. Ketika menuliskan sesuatu, penulis tentu saja sadar akan kehadiran pembaca. Siapa pun dia,  entah dikenal atau tidak dan seterusnya selama ia bisa membaca teks tersebut. Bagaimana pun, setiap tulisan sebenarnya sudah mengenali pembacanya bahkan sebelum huruf pertama pada kalimat pertama dalam paragraf pertama (yaa atau judul) ditulis, untuk siapa tulisan tersebut ditulis.

Kadang tulisan baik itu artikel, buku dan lain-lain malah membentuk pembacanya sendiri. Sesuatu yang tidak biasa karena pesan yang ingin disampaikan melalui tulisan tersebut seolah tersesat dalam jalannya. Tentu hal ini akan bisa saja mengakibatkan distorsi makna atau menciptakan makna tersendiri. Sehingga, komunikasi yang terjadi adalah antara pembaca yang baru dan tulisan itu sendiri, selama mereka bisa membacanya.

Teks memang memiliki sifat yang unik yaitu terbuka, selama anda bisa membacanya maka anda bisa menjadi penikmatnya. Sifat terbuka tersebut dapat bermakna terbuka terhadap pembaca yang lebih luas dan terbuka pada pemaknaan yang jauh lebih luas lagi. Setiap teks seharusnya memiliki kapasitas ini.

 

Iklan

5 pemikiran pada “Tulisan dan Pembacanya

  1. Penulis bebas mengutarakan idenya melalui gagasan dlm teks. Dan pembaca bebas menginterpretasikan apapun ttg tulisan. Dg kata lain teks sudah dg sendirinya memiliki sifat dpt dieksplorasi makna dan pembacanya. Nice share 🙂

      • iya asumsi2 seperti itu sudah ada sejak bertahun2 yang lalu, sekarang lebih konstruktif, jadi ribet2 gimana gitu, cuma jenis orang2 serius sih yang mau menseriusi, saya tidak serius, jadi sekadar nyambi, masih butuh banyak belajar soal yg beginian ahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s