Program Terbaik Mengentaskan Kemiskinan Lebih Cepat

Kemiskinan merupakan masalah yang sangat erat hubungannya dengan negara dunia ketiga seperti Indonesia. Bahkan, kemiskinan terparah itu sendiri hadir di pusat-pusat pertumbuhan ekonomi seperti ibu kota negara atau wilayah metropolitan. Jakarta misalnya, kemiskinan di Jakarta dapat ditemukan di seluruh bagaian kota mulai dari utara, selatan, barat, timur dan juga pusat. Kota-kota penyangga Jakarta yang biasanya disatukan singkatannya menjadi Jabodetabek yaitu Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi juga memiliki banyak kawasan kumuh. Surabaya dan sekitarnya, Bandung, Jogja, Makassar, Medan dst juga tidak luput dari fenomena ini.

Namun, tetap saja secara rata-rata tingkat kemakmuran wilayah-wilayah tersebut jauh lebih baik dari wilayah lain seperti Indonesia bagian timur, pedalaman Kalimantan dan Sumatera, termasuk juga kawasan-kawasan tertentu di Pulau Jawa seperti Banten. Perpindahan penduduk ke kawasan yang memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi pun tetap berlangsung setiap tahunnya, yang pada banyak kejadian malah menambah populasi masyarakat miskin di kawasan yang mereka tuju.

Kemakmuran yang saya maksudkan merupakan kombinasi berbagai kemudahan akses seperti akses kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dst yang menjadikan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik. Indikatornya tentu saja pertumbuhan ekonomi, angka partisipasi sekolah, dan berbagai indikator lain yang biasa digunakan lembaga-lembaga sejenis BPS.

Menurut penelitan yang dilakukan Quintana-Domeque, Associate Professor in Economics at the University of Oxford and Dr Marco Gonzalez-Navarro, from the University of Toronto peningkatan kualitas hidup masyarakat dalam suatu kawasan dapat ditingkatkan dengan lebih cepat melalui peningkatan kualitas infrastruktur dasar.

Penelitian ini dilakukan di salah satu kota di Mexico yang mengimplementasikan program pembangunan yang didanai oleh pemerintah yang mencakup pengaspalan jalan yang tersambung ke pusat kota dan juga pembangunan tempat parkir. Terbukti bahwa, pengaspalan jalan di distrik tertentu yang relatif miskin telah memberikan dampak yang cukup capat. Mereka yang mengalami perbaikan-perbaikan tersebut tidak hanya lebih mudah terhubung ke kota tapi juga menikmati kenaikan valuasi harga properti yang ada disepanjang jalan yang diperbaiki. Kenaikan tersebut pada akhirnya akan memberikan mereka akses yang lebih besar pada fasilitas kredit yang tersedia sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.

Di Indonesia saat ini program pemerintah memang telah menyasar perbaikan infrastruktur, termasuk pembangunan jalan, jembatan, jalur kereta, bandara, pelabuhan, dst. Akses ke perkreditan atau perbankan juga telah lama ada diberbagai pelosok tanah air oleh sistem kredit mikro tersuskses di dunia, BRI. Belum lagi program kredit usaha rakyat yang saat ini bunganya telah berada dibawah dua digit.

Nah, dengan latar yang begitu favorable ini, dalam waktu dekat bisa diharapkan bahwa kemakmuran akan lebih merata di seluruh pelosok tanah air. Namun, tentu saja keberhasilan perbaikan yang diupayakan tersebut masih sangat bergantung pada berbagai hal. Korupsi yang masih merajalela seringkali mengakibatkan program-program ambisius besar yang bermanfaat mandek ditengah jalan, bahkan gagal total seperti kasus Hambalang. Bukan tidak mungkin, jika tidak diawasi dengan baik, program yang tengah berjalan saat ini juga bisa berakhir semengenaskan Hambalang. Juga, kondisi perekonomian dalam dan luar negeri yang saling berkaitan erat dapat menghambat pendanaan program-program tersebut.

Iklan

3 pemikiran pada “Program Terbaik Mengentaskan Kemiskinan Lebih Cepat

  1. Tulisan ngena banget, ntar kalo udah makmur, org di desa nggak perlu ngiri dan lari ke kota untuk mencari sesuap nasi. Nggak ada lagi kesenjangan sosial dikota2 besar dimana sering dijumpai sebagai dampak mereka kaum urabnisasi tak membawa bekal ketrampilan untuk bersaing di kota. Akhirnya teraisihkan. Tralala.. Indonesia, kapan kesejahteraan itu terwujud?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s