Dari Zeroes Menuju Zero

Kejadian seperti ini sebenarnya sering terjadi di dunia finansial ketika krisis tengah melanda atau karena kecerobohan atau kenakalan perusahaan itu sendiri seperti Enron dengan berbagai manipulasinya. Dalam jangak waktu yang singkat, nilai perusahaan yang mungkin dalam angka billions us dollar bisa saja menjadi benar-benar zero.

Sebenarnya kasus terbaru si Elizabeth Holmes ini perusahaanya tidak benar-benar zero, hanya saja valuasinya menurut Forbes turun drastis dari sekitar 9 billion menjadi sekitar 800an million saja. Nilai kepemilikan saham Holmes dalam perusahaannya yang telah berdiri sejak 2003 ini adalah sebesar 50% yang sempat menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia, sedangkan sebagian lainnya dimiliki oleh para pemegang saham preferred yang harus dibayar duluan jika terjadi sesuatu dengan perusahaan tersebut. Sehingga, kemungkinan besar Holmes bisa saja tidak akan mendapat apa-apa, zero.

Perusahaan tersebut adalah Theranos, perusahaan yang mengembangkan alat untuk mengetes darah manusia dengan nama Edison. Alat tersebut katanya dapat memberikan hasil tes yang lebih cepat dan akurat dan analisis hasilnya dapat dikirim langsung ke pasien melalui data base mereka. Tidak banyak informasi yang diketahui publik tentang alat tersebut dan juga perusahaannya karena perusahaan ini memang selalu menjaga kerahasiaannya. Sehingga belakangan ini banyak orang yang mulai meragukan alat yang katanya akan merevolusi dunia kesehatan tersebut.

Hingga akhirnya ada investigasi dari Wall Street Journal yang menuduh perusahaan tersebut tidak menggunakan teknologi mereka sendiri dalam melakukan test darah. Bahkan kemudian diberitakan bahwa Theranos berada dalam investigasi jaksa federal Amerika Serikat atas kemungkinan bahwa mereka telah mengelabui investornya tentang teknologi yang mereka kembangkan. Belakangan investigasi juga dilakukan oleh Securities and Exchange Commission (SEC) nya Amerika terhadap dugaan yang sama.

Harapan saya sih sebenarnya alat seperti yang dikembangkan Theranos ini teknologinya benar-benar sesuai dengan yang mereka janjikan sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh umat manusia secara keseluruhan. Bayangkan, kita tidak perlu lagi melakukan tes darah seperti biasanya yang mesti menyedot bwanyak darah, apalagi bagi seorang Hemophobia seperti saya ini yang kalau lihat darah bisa lemah gemulai alias pingsan. Selain itu juga kita bisa mendapatkan analisis yang akan menekan biaya pemerikasaan ke dokter segala rupa karena dengan setetes darah saja kita bisa mendapatkan berbagai analisis penyakit atau mungkin potensinya dalam diri kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s