Antara Pasar Modal dan Pertumbuhan Ekonomi

Saya sebenernya tengah mengerjakan latar belakang tugas akhir dengan topik dunia keuangan. Untuk ide paragraf pembukanya saya mencoba mengaitkan antara pertumbuhan ekonomi dengan tingkat pengembalian (return) investasi yang tinggi.

Sekilas memang terlihat ada kemungkinan ada hubungan antara kedua hal tersebut. Jika melihat pasar saham negara-negara berkembang (emerging markets) seperti Indonesia yang setelah krisis 2008 hingga tahun ini indeks harga saham kita telah naik dengan sangat-sangat fantastis bahkan pernah menjadi indeks saham dengan performa terbaik kedua setelah sanghai (sebelum sanghai jatuh). Maka sepertinya tingkat pemulihan yang cepat yang ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi setelah krisis tersebut menandakan ada hubungan yang sangat signifikan antara keduanya.

capture

Infact jika melihat pada data-data yang ada ternyata hubungan antara kedua hal tersebut tidak sesimple itu ternyata, kita tidak bisa menyebut tidak ada hubungan sama sekali sih.

Gambar pertama (Exhibit 1) di atasmenggambarkan tingkat pertumbuhan ekonomi versus tingkat return saham di beberapa negara. Data yang digunakan memang memiliki jangka waktu yang cukup lama yaitu 50 tahun, sehingga yang ditampilkan pada data tersebut sepertinya negara-negara yang sejak tahun itu pasar sahamnya sudah berjalan secara normal seperti Sweden (SE), Amerika (US) dst. Yang paling mencolok sebenarnya adalah SE, pertumbuhan ekonominya selama jangka waktu tersebut hanya berada dibawah 3% persen tetapi return nya berada diatas 6%.

Bahkan, dalam jangka waktu yang lebih panjang yaitu antara 1900-2013 yang terjadi malah yang sebaliknya  yaitu -0.29. Afrika Selatan misalnya, returnnya hanya sebesar  1,1% sedangkan pendapatan perkapitanya tumbuh 7,4%, sedangkan Irlandia return nya tumbuh sebesar 4,1% dan pendapatan perkapitanya tumbuh 2,8%.

 

Sumber :

https://www.morganstanley.com/ideas/emerging-market-stocks

http://www.marketwatch.com/story/emerging-markets-stocks-are-still-a-lousy-investment-2014-07-10

https://rixtrema.net/portfoliocrashtest/docs/pdf/NBER%20LT%20Study.pdf

http://www.economist.com/blogs/buttonwood/2014/02/growth-and-markets

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s