Mengapa Kadang-Kadang Kita Perlu Melakukan Random Things

Kayaknya ya di dalam diri manusia itu ada panggilan untuk melakukan random things, entahlah, itu sih yang kadang saya rasakan apalagi kalau lagi bosan luar biasa. Kadang kalau kelebihan libur, kekurangan tugas atau hanya kejauhan deadline, which is good but masih bisa bikin boring juga.

The random things sepertinya datang dari our random thoughts, yang katanya normal tapi bisa juga berujung pada disorder, tapi terjadi pada semua orang. I bet you yang lagi read this juga pernah kan mikirin random things yang probably bisa terjadi atau hasil gabungan antara daya imajinasi (ingat pelangi spongebob) dan sesuatu yang lagi terjadi di dunia nyata randomly.

“Kok jadi keinget bakso sih,” padahal kita udah kenyang dengan sepiring nasi ayam goreng yang baru saja menjadi piring dan tulang belulang di meja makan. Atau bagi yang lagi galau tiba-tiba inget mantan, uhk.

Bagaimana pun tetap saja ada perbedaan antara melakukan dan kepikiran, kayak kasus bakso di atas. Dalam situasi itu biasanya sih kita tidak benar-benar bisa lagi menampung bakso-bakso ke dalam perut. Atau kita juga tidak sanggup lagi balikan dengan mantan dan segala tetekbengeknya. Mikir sebenernya kan juga perbuatan, tapi tetap saja beda.Ya, kalau kamu tetap maksa makan bakso apalagi bakso super yang lagi ngetrend itu ya there must be something wrong with you hahahaha.

Ada yang menganggap kalau melakukan hal-hal random itu sebenarnya buang-buang waktu. Since waktu kita di dunia ini cuma pas untuk sekali hidup jadi kita katanya tidak boleh buang-buang waktu dengan melakukan sesuatu yang sia-sia.

Tidak sedikit kan orang yang setiap harinya sudah punya list tings to do dan literally mengerjakan semua yang ada di list itu bahkan dengan urutan yang sangat presisi. What a big wow, ya kita juga meski pun tidak punya to do list tapi di kepala paling tidak pas bangun sambil jalan ke kamar mandi segala sesuatu yang bakalan kita lakukan di hari itu sudah ada di kepala, at least terbayang-bayang.

Manusia memang mudah untuk beradaptasi untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Melewati jalur yang sama ke tempat yang kita tuju, makan makanan yang sama dengan yang telah kita makan dari kecil, mendengarkan lagu yang sama yang telah kita dengarkan sejak bertahun-tahun yang lalu, dan seterusnya. Bukan karena tidak ada alternatif rute atau makanan atau lagu lain, but just because semua itu sudah familiar dengan kita.

But really ? Hahaha. Kadang sih meski pun sudah mencoba untuk melakukan hal-hal yang seperti kita bayangkan akan kita lakukan ya di penghujung hari kita akan mendapati diri kita di keadaan yang sangat-sangat tidak kita duga-duga. All with emosi yang berbeda dengan ketika kita bangun di pagi hari, bisa marah banget, seneng banget, kaget, dan banget-banget lainnya.

Ya itu semua terjadi karena memang bukan kitalah yang mengatur segalanya di dunia ini. Walau pun kita bisa merencanakan dengan baik dan memprediksi berdasarkan pengalaman atau common sense apa yang akan terjadi tapi belom tentu hal tersebut benar-benar bisa terjadi persis. Apa yang kita lakukan berdampak dan terdampak dari apa yang orang lain lakukan, hukum sebab akibat.

So, why ? why ? why ? The answer is agar kita tidak boring, agar kita bisa menemukan sesuatu yang baru yang as I told you before, bisa membawa kita kemana saja.

Jadi dari pada mengikuti rute yang sama, ambillah rute yang lain meski pun lebih jauh atau muter-muter dari yang sebelumnya. Siapa yang tau kan kalau di jalan itu kita bertemu calon ibu dari anak-anak hahaha atau at least ketemu bapaknya dari calon ibunya anak-anak. Sambil menikmati (macet?) pemandangan yang mungkin jarang kita lihat sebelumnya.

Cobalah makan-makan yang belum pernah dimakan sebelumnya atau sudah lama tidak kita makan karena satu dan lain hal (tapi jangan coba ya kalau itu bikin alergi atau dilarang dokter karena penyakit, hahaha). Cobalah makanan dari daerah lain seperti Sagu kenyal-kenyalnya Papua, Pie Apple ala-ala American (bukan American Pie yang u know lah ya hahaha). U may love it.

Dengarlah lagu-lagu baru dari genre musik lain atau dari genre yang sama. Kalau lagi galau bisa saja ada kalimat-kalimat di lagu itu yang mampu nyemangatin dan mengusir kelelahan hati yag tak kunjung sirna, hahaha.

Iklan

2 pemikiran pada “Mengapa Kadang-Kadang Kita Perlu Melakukan Random Things

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s