Mudah Jatuh Cinta

Saat engkau jatuh cinta dengan begitu mudahnya, maka biasanya hal terjadi bukan saja jatuh cinta pada orang lain. Tapi juga kepada ide, tempat, suasana, barang, dan mungkin segala sesuatu yang bisa kau cintai.

Kau akan jatuh cinta dengan orang asing yang kau temui di restoran atau di tempat-tempat umum lain, di jalan atau di bis, orang yang tidak akan pernah kau temui lagi. Tapi mereka begitu lucu, menarik, rapi, senyumnya manis, rambutnya, ahhh sayang untuk dilewatkan. Meski pun sebenarnya sepatah dua patah kata sapaan bisa saja mungkin membawa kalian pada sesuatu yang baru, hingga suatu ketika nanti berdua kalian akan mengingat momen itu dan berkata, kita hampir saja tidak.

Daan kau juga jatuh cinta pada berbagai hal kecil lain, dengan foto yang kau posting di instagrammu yang saban hari engkau liat-liat lagi. Dengan rutinitas pagimu, dengan khayalan-khayalanmu setiap hari, dengan kehidupan ideal yang kau pikir bisa kau kendalikan di dalam kepalamu. Juga pada kampus yang hampir saja kau masuki, pada pada pekerjaan yang kau dambakan tapi gagal pada interview ke dua, dan seterusnya.

Begitulah kau jatuh cinta pada apa yang ada dan apa yang hampir tidak akan pernah bisa kau dapatkan. Tapi, mudah memang mencintai apa saja yang tidak akan pernah menjadi milik kita atau paling tidak hampir saja bisa kita miliki.

Karena memang lebih mudah dengan jalan begitu, untuk hidup di dunia jika dan andai saja, dunia mimpi yang ideal yang kita dambakan. Saat kau jatuh cinta dengan sangat gampang maka kau akan jatuh cinta pada hal-hal yang gampang dicintai, yang berjarak, yang tidak akan mencintaimu balik. Karena jika hal itu mencintaimu balik, menjadi sesuatu yang nyata, maka kau harus menanamnya, merawatnya, bekerja keras untuk itu, kau harus melakukan sesuatu.

Tanpa kerja keras, mencintai menjadi lebih mudah, jatuh cinta menjadi lebih mudah. Tidak ada yang mesti didatangi setiap waktu, tidak ada yang menuntut ditelpon tiap malam, tidak ada ultah yang mesti dihapalkan dan dirayakan dengan spesial. Tidak ada tugas-tugas dan kuliah-kuliah dengan dosen killer yang harus kau hadapi seperti kata mereka yang masuk ke kampus idamanmu itu. Tidak ada kerja rodi ini itu yang mesti kau selesaikan sesuai tuntutan bosmu, kau bahkan tidak akan pernah dipecat. Begitulah saat kau jatuh cinta dengan kehidupan yang tidak kau alami.

Kau tidak akan apa-apa kalau suatu saat mimpi itu terusik, jatuh, karena kau telah menjatuhkan dirimu sendiri. Tidak ada orang yang akan mematahkan hatimu, karena kau sendirilah yang telah lebih dulu mematahkannya. Kau akan terbiasa dengan ratusan jatuh-jatuh kecil tiap hari.

Tapi, kau tidak akan pernah mendapatkan apa yang kau impikan jika kau terus-terusan menjaga jarak. Karena terlalu mudah untuk dijauhi, terlalu mudah untuk bersembunyi, terlalu mudah untuk jatuh lagi. Tapi cinta memang rumit, membingungkan, menakutkan, sulit untuk dijalani.

Bagaimanapun apa yang cinta atau mencintai berikan akan sebanding dengan semua itu. Katanya, menjadi lebih mudah kalau kita mencobanya dalam kenyataan, hidup sambil mencintai.

terinspirasi dari tulisan di thoughtcatalog dot com

Iklan

3 pemikiran pada “Mudah Jatuh Cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s