Indonesia Tidak Akan Menjadi Negara Maju

kapan-indonesia-jadi-negara-maju

Ilustrasi : malesbanget.com

Indonesia tidak akan menjadi negara maju di tahun 2020 dan dalam jangka waktu yang agak panjang di tahun 2030 atau 2040 bahkan mungkin juga di tahun 2050 Indonesia tidak akan menjadi negara maju menurut standar di tiap dekade tersebut. Ini merupakan pandangan kontrarian pribadi saya terhadap begitu banyaknya artikel, ataupun riset dll yang menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara maju pada dekade-dekade yang akan datang.

Ekonomi 

Ekonomi Indonesia setelah krisis 1998/1999 mengalami perbaikan yang lumayan lamban. Ekonomi Indonesia juga tidak pernah tumbuh semenggairahkan China atau Jepang dengan berbagai transformasi fantastis negara mereka untuk memberikan value pada hasil produksinya. Ekspor masih didominasi SDA yang raw banget, berbagai barang berteknologi tinggi yang dikonsumsi masyarakat tiap hari kalo ga merek Jepang ya buatan China.

Konsentrasi ekonomi hanya terpusat di Jawa dan berbagai upaya yang dilakukan seperti aturan keras tentang ekspor barang tambang mentah malah dilonggarkan. Padahal ada puluhan juta warga Indonesia lain di luar pulau Jawa dan lebih dari itu, di Jawa pun ketimpangan tidak pernah bisa diatasi.

Sumber Daya Alam 

Syair lagu lama, tongkat kayu dan batu jadi tanaman, gemah ripah lu jinawi, sepertinya harus dikesampingkan jauh-jauh. Indonesia memang tanahnya subur, berbagai jenis mineral ada di dalamnya.

Namun, kecuali steam coal, refined tin dan nickel ore, Indonesia bukan produsen bahan tambang terbesar di dunia bahkan sudah pernah keluar dari OPEC gara-gara berstatus net improter minyak sementara cadangan minyaknya juga tidak lama lagi akan habis. Sawit yang diandal-andalkan tiap tahun dicekek di Eropa, karena memang merusak alam Sumatra dan Kalimantan dll.

Politik

Hmm, you know sendiri lah hahahaha

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s